Jumat, 01 Januari 2010

Intel Atom VS the new – AMD Athlon UVC

Ternyata bukan hanya di pasaran netbook saja banyak vendor yang saling bersaing memperebutkan konsumen, namun persaingan juga datang dari pasaran komponen netbook itu sendiri. Kali ini persaingan abadi dari duo produsen processor tak ayal lagi terjadi, setelah Intel sukses merebut hati banyak vendor netbook stengah tahun belakangan ini, AMD sebagai rival tebesar Intel tak tinggal diam. Ternyata AMD telah mempersiapkan jagoannya untuk dapat segera turun ke pasaran processor netbook mengalahkan dominasi dari Intel Atom.

AMD telah merencanakan untuk segera mungkin meluncurkan varian processor low voltage terbarunya Athlon Ultra-Value Client (UVC). Athlon UVC akan dirilis dalam dua seri single core dan duo core untuk menahan laju dominasi Intel Atom yang juga memiliki dua seri core. Intel Atom di kelas single core mengandalkan Atom 230 yang handal dengan chip 1.6 GHz-nya, sementara itu AMD akan segera melawannya dengan Athlon UVC 2650e dengan kapasitas yang sama. Dan pada kelas duo core Intel yang merilis Atom 330 harus segera bersiap menghadapi hadangan dari Athlon 3250e yang sama-sama mengusung chip 1.5 GHz. Namun walaupun keduanya memiliki kapasitas 512Kb cache per core, AMD dikabarkan tetap kalah dalam konsumsi listrik yang dipakai. Intel Atom yang sukses memangkas penggunaan listrik hingga 4 watt nampaknya tetap terlihat sedikit lebih unggul dari AMD Athlon UVC yang mengkonsumsi listrik 15 watt pada single core dan 22 watt pada seri duo core-nya. Namun itu hanya perkiraan konsumsi listrik sementara, kami belum mendapat informasi secara pasti apakah konsumsi listrik tersebut hanya dilahap oleh processor-nya saja atau sudah termasuk dengan chipset 740 yang dipakainya.

Kami menyimpulkan Intel mungkin akan dan harus khawatir apabila AMD mematok harga yang lebih murah untuk Athlon UVC-nya dibanding dengan Intel Atom. Karena pada segmen laptop mini ini harga sangatlah berperan penting. Dan pastinya vendor netbook akan cenderung lebih memilih prosessor dengan harga yang lebih murah apabila performa tidak jauh berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar